Pilihan Destinasi Wisata Kota Semarang yang Seru!

Banyak orang yang tertarik untuk menjelajahi kota Semarang. Meskipun Semarang terkenal sebagai kota yang memiliki cuaca begitu panas, akan tetapi tetap menarik perhatian para wisatawan karena terdapat beberapa macam destinasi yang begitu menakjubkan. Meskipun tidak begitu terkenal, akan tetapi Anda harus tahu bahwa di Semarang pun terdapat banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika dekat-dekat ini Anda berniat mengunjungi kota Semarang, maka berikut ada beberapa destinasi yang wajib dikunjungi.

Destinasi Wisata Outdoor Di Semarang

Ketika Anda sangat senang mengoleksi foto, maka destinasi wisata yang paling tepat untuk dikunjungi harus bersifat outdoor. Pasalnya destinasi wisata outdoor akan memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Sehingga ketika difoto pasti akan terlihat sangat bagus dan eksotis. Berikut ada beberapa contoh destinasi wisata outdoor yang wajib dikunjungi saat mampir ke Semarang.

  • Pantai Maron

Pantai ini letaknya ada di Semarang bagian barat. Untuk mengunjungi pantai ini, Anda memang harus menempuh perjalanan cukup lama. Akan tetapi perjalanan yang cukup lama itu akan terbayar dengan pemandangan yang disediakan oleh pantai Maron tersebut. Katanya, pantai ini merupakan milik TNI AD. Oleh karena itu pantainya dinamakan Maron atau merah yang merupakan warna khas dari baret Penerbad. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang begitu indah dan eksotis maka berkunjunglah ketika sore hari. Pasalnya ada begitu banyak wisatawan yang sengaja ingin melihat sunset di sana. Tidak heran ketika berkunjung, pasti Anda akan menemui begitu banyak pengunjung yang sama-sama ingin menikmati sunset.

  • Pantai Marina

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang dipilih banyak wisatawan ketika mampir ke kota Semarang. Pantai ini jaraknya sekitar 4 km dari lokasi Tugu Muda. Pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah eksotisnya dengan Pantai Maron. Untuk menuju ke Pantai Marina akan sangat mudah. Pasalnya dari pusat kota hanya perlu menempuh waktu kurang lebihnya 30 menit. Pantai Marina ini adalah wilayah bermuaranya sungai yang bernama Banjir Kanal Barat. Untuk harga tiketnya sendiri sangatlah murah, karena per orang hanya akan dikenai biaya sebesar 300 rupiah. Meskipun ini merupakan pantai kecil namun jangan khawatir karena kedatangan Anda tidak akan sia-sia.

  • Curug Kali Pancur

Curug atau air terjun merupakan destinasi wisata yang sekarang ini sedang diincar oleh kebanyakan orang, terutama para kaum muda yang sangat gemar foto dan mengunggah di bermacam media sosial. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 150 meter. Kemudian di sekelilingnya berhiaskan bebatuan alam, kemudian ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau dan ada pula goa walet. Ketika Anda akan berkunjung ke Curug Kali Pancur, kami menyarankan Anda untuk beristirahat cukup. Pasalnya Anda harus melewati anak tangga yang cukup banyak. Sehingga akan melelahkan, terutama bagi yang tidak biasa berolahraga.

Destinasi Wisata Indoor Di Semarang

Jika Anda ingin berwisata tanpa harus terkena matahari, maka pilihlah destinasi wisata bersifat indoor. Dengan begitu Anda tetap bisa melihat keindahan bangunan dan mendapatkan hasil jepretan tanpa harus kepanasan dan tidak akan terasa lelah. Berikut beberapa pilihan destinasi wisata indoor di kota Semarang yang dapat Anda jelajahi.

·         MAJT atau Masjid Agung Jawa Tengah

Letak Masjid ini di Jl. Gajah Raya Semarang. Pembangunan dilakukan pada tahun 2002 dan diresmikan pada tahun 2006 lalu. Semenjak diresmikan, Masjid ini langsung dipenuhi oleh para wisatawan untuk berfoto, untuk menikmati keindahan bangunan Masjidnya dan menumpang untuk sholat. Masjid ini memang cukup berbeda dengan Masjid lainnya. Pasalnya bangunan seperti Masjid yang ada di Mekkah. Sehingga banyak sekali orang dari luar Semarang yang mengabadikan momen dengan berfoto.

·         Lawang Sewu

Siapa yang tidak pernah mendengar Lawang Sewu? Pastinya masyarakat sudah sangat tidak asing dengan tempat wisata ini. Bahkan dari sekian banyaknya tempat wisata di Semarang, Lawang Sewu lah yang paling terkenal dan paling ingin dikunjungi oleh wisatawan. Di sini Anda bisa menemukan sebuah bangunan yang memiliki begitu banyak pintu. Oleh karena itu dinamakan Lawan sewu yang artinya pintu seribu. Pasalnya pintu yang ada memang benar-benar banyak, bangunannya pun besar, luas dan panjang. Bagi yang maniak foto, Lawan Sewu menjadi spot paling tepat untuk berfoto. Kemudian untuk tiket masuknya tidak terlalu mahal, sehingga masih bisa dijangkau dengan mudah oleh para wisatawan.

·         Vihara Buddhagava Watugong

Mungkin ada yang baru dengar nama wisata ini. Akan tetapi bagi yang tempat tinggalnya di sekitar kota Semarang pasti sudah pernah mendengar nama tempat wisata ini. Vihara Buddhagaya Watugong ini diresmikan di tahun 2006 dan langsung dinyatakan MURI sebagai satu-satunya pagoda tertinggi yang ada di Negara Indonesia. Vihara ini memiliki begitu banyak bangunan dan juga areanya sangat luas. Di dalam tempat wisata ini terdapat sebuah pagoda yang paling terkenal di masyarakat umum. Pagoda tersebut bernama Metakaruna.

Metakaruna itu berarti cinta dan juga kasih sayang. Selain itu ada pula Pagoda yang bernama Avalokitesvara. Pagoda ini memiliki tinggi kurang lebih 45 meter. Pagoda ini memiliki 7 tingkat yang ukurannya akan semakin menyempit jika semakin ke atas. Pagoda Avalokitesvara ini memiliki warna yang lebih identik ke warna merah dan juga kuning. Merah dan kuning merupakan warna khas dari bangunan Tiongkok. Bagi yang bingung harus mengunjungi tempat wisata apa saja di Semarang, maka Vihara yang cukup terkenal ini harus Anda kunjungi.